Image hosted by Photobucket.com Text and Pict studio: August 2005

Wednesday, August 31, 2005

Didi Wisuda dan Jangguter Dibawa Ke Korea

Alhamdulillah.

Si Didi akhirnya lulus!

Selasa, 30 Agustus 2005, saya cuti kerja sehari.

Berangkat dari Kelapa Dua - Kebon Jeruk, jam setengah 12.
Naik bis Deborah...

Walau si Didi minta nyewa mobil pribadi, huehehe...
Kerja dulu dong, Di, :D

Sampai di Gunadharma jam setengah dua.
Padahal acara wisudaan jam 3-an, nah loh...

Ke balairung UI, emang lebih dekat lewat Gunadharma, lewatin jalan kereta.
Maklum saya baru tahu lewat sana.
Berarti untuk ke dua kalinya saya ke UI.

Pertama ngantar si Didi nyari info kuliah sastra di UI,
dan yang ke dua nya sekarang, ngantar wisudaannya.
Adik saya yang bungsu, Iwan, sebenarnya ingin ikut juga.
Tapi karena dia harus sekolah di SMPN 189, jadi gak boleh ngikut.
Kan yang nganter wisuda cuma dapat jatah 2 undangan.
Saya kan sudah sama istri, Maya...
Nah kalau si Iwan diajak, nanti dia di luar gak ada yang nemenin...

Sholat Dzuhur dulu di Masjid UI, yang bersebrangan dengan Balairung, dipisah danau.
Habis sholat, nyari makanan kecil...
Setengah dua ke setengah tiga kan lumayan tuh waktunya.

Di sepanjang jalan di bis,
saya nyoba menyelesaikan buku "Dari Gatotkaca sampai Batman",
karya Hikmat Dramawan.
Tapi tetep gak selesai cuma nyampe halaman 145, dari 270 halaman, kalau gak salah.

Habis minum teh botol di depan mesjid UI,
langsung jalan ke Balairung.
Di pinggiran danau UI, banyak sampahnya, yang dibatasin pake jaring.
Gak di masyarakat, gak di kampus, sampah selalu jadi warna di sekitar lingkungan di Indonesia.

Beberapa kali berhenti jalan,
karena si Didi ketemu dengan temannya.

Dan jam tiga pun tiba, saya dan Maya masuk ke Balairung, duluan, dapat snack euy...
Si Didi belakangan bersama temannya.

Ternyata nungguin orang wisudaan itu gak menarik,
pegel dan gerah...

Akhirnya kita jalan-jalan saja di sekitar Balairung.

Sampai jam setengah lima sore...
Kedengarannya acara Wisudaan mau selesai...
Akhirnya kita menunggu kemunculan si Didi.
Sempet nge-SMS, a oman juga, untuk ngasih tahu bahwa hari itu wisudanya si Didi.

Serunya ya setelah wisudaan...
Ngerjain si Didi, dengan kamera...
Pokoknya memfotoin dia dengan spontan.

Paling biar ngebahagiain si Didi.
Mencoba memfoto si Didi dengan seorang gadis yang ditaksirnya.

Habis shalat Ashar, langsung pulang.
Untung langsung ketemu dengan bis Deborah.

Capek juga hari itu...

Jam sembilan dapat SMS dari Wahyu MKI.
3 komik Jangguter dan 3 komik cerpen Olvy sudah sampai.
Komik itu dititipkan ke Wahyu buat dibawa ke Korea.
Wahyu berangkat ke Korea sebagai utusan dari Indonesia, sebagai ketua MKI.
Masyarakat komik Indonesia mendoakan kesuksesan Wahyu.

Malam itu rasa capek ternyata gak matahin semangat buat nyelesin satu halaman komik.

Sunday, August 28, 2005

Buku Peliput Komik.

Tahun 2005, lumayan tahun yang sangat bersejarah bagi dunia komik Indonesia.

Lahirnya penghargaan komik di "Komikasia" dan "Pekan".
Dan dilengkapi buku yang meliput komik.
Dua buah buku sekaligus, dari Martabakers (Haviz Ahmad, Alvanov dan Benny)
dan satu buku dari Hikmat Darmawan, dengan buku dari Gatotkaca sampai Batman.

Mereka dalah para pengamat atau kritikus komik.

Martabak dari ITB, dan Hikmat alumni Komunikasi UI.

Jum'at, 26 Agustus, pukul 18:30 sampai 22:00 lebih...
Diadakan bedah dua buku tersebut, yang diadakan di toko buku Aksara - Kemang.

Sebuah Diskusi yang lumayan menarik.

Saya di sana membeli bukunya Hikmat.
Karena buku martabak saya punya.
Dan dapat 2 buku gratisan,
Komik TKW , yang dikasih Ian MKI, dan Jurnal DKV dari Haviz.

Di diskusi tersebut tema yang dikedepankan,
yaitu mengenai identitas komik Indonesia (gaya Gambar).
Yang memang sering berulang kali dibahas di milis atau forum komik.
Dan sering dilontrakan dari pembaca komik.

Di sana hadir pula Dion dari Elex.
Yang menurutnya, komikus Indonesia masih lemah dalam membuat cerita.
Dan penggolongan buku yang terbit di elex, dari yang laku (A), sampai yang tidak laku (C).

Dan hadir juga dari komunitas pencinta cerita Karl May.
Yang kesusahan mencari komikus untuk mengkomikkan cerita Karl May.
Dan sampai saat ini keinginan membuat komik Karl May belum terwujud.
Karena komikus yang ditemui pencinta Karl May, masih kurang pro, masih "kekanak-kanakan", kedengarannya.

Kesimpulan dari diskusi tersebut,
identitas komik memang sebenarnya gak terlalu utama.
karena semua itu butuh proses...
Yang penting, setiap komikus khususnya yang di bagain art (visual),
Harus punya identitas gaya gambar sendiri,
setelah mengalami proses berdasar referensi komik di sekitarnya.

Saya setuju dengan hasil diskusi tersebut.
Tapi, saya ingin menambahkan...

Yang terpenting bagi komikus ada dua.
1. Desain Karakter Tokoh yang Kuat.
Desain karakter Tokoh yang kuat, adalah alat berproses kita.
dari sebuah desain karakter yang dibuat dari yang sederhana
dengan keterbatasan skill diawal prosesnya (konsep dasar).
Berubah seiring prosesnya,
menjadi gaya gambar yang bisa diterima di setiap masa dan perkembangan komik.
Dari desain kostum karakter, gaya gambar,
sampai menemukan identitas (gaya gambar) sendiri yang keren.
Dan desain karakternya terus dipelihara.

Sebuah desain Karakter merupakan yang termahal yang ada di komik,
Karena desain karakter adalah konsep dasar ide komiknya.
Maka, desain karakter yang kuat wajib di daftarkan hak ciptanya.

Yang terpenting yang ke 2, adalah
Ceritanya.
Kalau kita, merasa kurang di dalam membuat cerita,
Mulailah, mengumpulkan kontak penulis yang baik.
Dan pesanlah ceritanya berdasar karakter yang sudah dibuat.

Sebenarnya yang terpenting saat ini buku komik harus memakai, kategori pembacanya atau rating pembaca. seperti film, supaya komik gak dicap sebagai bacaan anak-anak saja.

Friday, August 19, 2005

3 Tahun TnP dengan Semangat...

Yap, Text and Pict studio sudah 3 tahun.
17 Agustus 2002...

Di awal tahun 2005, Textpicters mengeluarkan komik 36 halaman, Kakek Bejo 02.

Mengerjakan komik Pendekar X yang lagi terhenti sejenak di halaman 40-an.

Ikut Launching Komik Indie bersama Wizard di Book Fair IKAPI

Ikutan Pameran Komikasia 2005...

Dan sekarang jadi panitia Pameran Komik Online, MKK 2005...

Dan ngomik in progress, sekarang dengan komik Preman kapok di halaman 52...

Dan banyak ide untuk tahun 2006...


Alhamdulillah, telah diberi panjang umur dan semangat yang kuat.
Siap berjuang membangun dunia "Cerita dan Gambar"!

Semoga semakin baik, amin.

Tuesday, August 09, 2005

Komik Jangguter Sudah Dikirim Ke Pameran Komik Online MKK 2005

Akhirnya dengan susah payah...
Karena sikon yang ada...

Gak punya komp di rumah (TnP Basecamp)...

Akhirnya di sela-sela kerjaan kantor, selesai sudah perwarnaan 4 halaman isi komik.

Walau kurang puas...

Siap-siap saja menyaksikan kelahiran "The Jangguter" (Super Bejo), gaya Marvel.
Walau jauh dari yang namanya gaya Marvel, huehehe...

OK, nantikan saja tanggal 15 Agustus 2005, di http://www.mkk2005.rekamatra.com/

Monday, August 08, 2005

ComicHotNews : Curhat Lebih Dalam Komik Indonesia, 26 Agustus'05

From:  "Beng Rahadian"



Pertemuan dengan para pendekar komik Bandung itu berlangsung hari Minggu 7 Agustus jam 4 sore. Letaknya ditengah area Pameran Buku Bandung, Landmark Convention Hall Jl Braga.

Saya bener-bener tidak menduga bisa ketemu dengan Mantan Ketua Cergamis Bandung Club, Bpk San Wilantara (56th, salah satu komiknya 'Pengantin Mayat'). Beliau hingga saat ini masih menggambar, ilustrasi, storyboard dan komik. Terakhir aktivitasnya adalah partisipan lini komik Sinergi-nya penerbit As Syaamil yang mulai beredar secara berkala sejak bulan ini.

Bpk San yang saat itu datang bersama Bpk U'Syah (Pendekar Bambu Kuning), Shanti Sheeba dan Ruchiyat yang dulu pernah jaya pada periode komik silat di thn 70 sampai akhir 80-an. Pendekar-pendekar itu, kini 'turun gunung'. Mereka ngomik lagi euy!

Dalam pertemuan itu, 'para pendekar' mengirimkan salam kepada seluruh komunitas komik Indonesia, terutama kepada para komikus muda. Bpk San bahkan mengetahui aktivitas Komunitas komik Indonesia dari Internet (ternyata...). Mereka pun menunggu para 'pendekar muda' buat sama-sama berlaga di arena komik Indonesia.

Dan, Pertemuan kita selanjutnya di

"CURHAT LEBIH DALAM KOMIK INDONESIA"

Hari Jum'at, 26 Agustus 2005, jam 18.30 WIB

di Toko Buku AKSARA Kemang, Jakarta Selatan

Dengan acara pokok Bedah Buku:

"MARTABAK, Keliling Komik Dunia" (Hafiz & Alva, Elex media, Juli 2005), dan

"DARI GATOT KACA HINGGA BATMAN, Potensi-Potensi Naratif Komik"  (Hikmat Darmawan, Penerbit Orakel, Juli 2005)

(kedua buku ini sudah beredar di pasaran)

GRATIS!!

(Fenomena baru nih, kini ada penerbit yang sudah melirik wacana komik kita, bukan hanya komik cerita atau how to)

Salam

Beng Rahadian (Akademi Samali)  

Sunday, August 07, 2005

Info Project :PT STARMEDIA MOBILE Mencari Kartunis

Date: Sun, 7 Aug 2005 18:32:31 -0700 (PDT)
From:  "Rini Nurul"



sumber dri koran PR sabtu lalu
sebuah perusahaan jasa nilai tambah seluler mencari
beberapa kartunis untuk dijadikan rekanan perusahaan.
daftar riwayat singkat dan beberapa karya untuk bahan
pertimbangan silakan kirim ke
PT STARMEDIA MOBILE

jl.Tanah Abang 1 no. 12 A jakarta 10160
info slengkapnya 021-3454888

Monday, August 01, 2005

Preman Kapok Berada Di Halaman 40-80

Kalau pak Musfar baca, saya mohon maaf,
kayaknya komik Preman Kapok bakal gak bisa selesai di Agustus ini.

Sekarang baru selesai halaman 40.
Dan sedang proses membuat pensil dari halamn 40-80.
Dengan posisi cerita, Badrun sudah menikah lagi.

Tapi saya usahakan sebelum akhir tahun selesai.
Mungkin pas saya punya komputer.

Jadi untuk scan dan pewarnaan cover.
Dan layout...
Bisa gampang dan santay dikerjakan di rumah saya.

45 Peserta Pameran Komik Online MKK 2005 Siap Beraksi!

Akhirnya dengan akhri pendaftaran 30 Agustus 05, kemarin.

Total peserta yang daftar, kata rekamatra.com mencapai 45 peserta.

Deadline pengiriman karya, 10 Agutus 2005.

Dan pameran komik online MKK, bakal dilaunching pada tanggal 15 Agustus 2005.
Tepatnya hari Senin!

Semoga yang tahun 2006 lebih banyak lagi pesertanya.
Begitupula hadiahnya.
Amin
Free Guestbook from Bravenet.com Free Guestbook from Bravenet.com

Powered by Blogger