Image hosted by Photobucket.com Text and Pict studio: December 2005

Sunday, December 25, 2005

Ahmadzeni  as Guest Editor di http://www.comicslifestyle.com/

Monday, December 19, 2005
Welcome Guest Editor Ahmadzeni 


"From Indonesia who will be filling in during the next few days. "

Itu petikan dari : http://www.comicslifestyle.com/

Seneng banget, tentunya...

Ini awalanya pas mau lihat diskusi di Kemang,
saya nanyain alamat Aksara sama Beng.
Terus kata Beng saya ditanyain sama John, soal jadi guest editor.

Tapi karena saya onlinenya kalau hari kerja, Senin sampai Jumat.
Dan diskusi hari Kamis (malam Jumat).
Maka besoknya, hari Jumat, setelah saya bikin komentar mengenai diskusi Beng dan Wahwoy, saya coba translate ke english, walau englishnya kurang ok.
Dan saya kirim ke John...

Dan hari Minggu kemarin, saya dapat sms dari Rinurbad,
bahwa tulisan saya dimuat di http://www.comicslifestyle.com/
Dan infonya dari milis.
Dan hari ini, saya ngecek, bener juga...

Gak nyangka diterima.

Padahal saya ingin sekali tulisan saya kemarin dilengkapi foto...
Ada yang punya foto acara kemang kemarin?
Mungkin bisa sebagi pelengkapnya kali.

Ok, thanks buat Jhon, juga Beng, dan Rinurbad.

Ok, sambil browsing dan baca perkembangan komik via milis dan forum komik.
Siapa tahu ada yang bisa ditulis, sambil santay tentunya.

Friday, December 23, 2005

Diskusi Komik, 22 Desember Di Aksara, OK Bangeth!

Menurut saya diskusi tadi malam, sudah ok bangeth!
Selain ketemu dengan beberapa komikus yang berskill ok
lainnya.

Walau infokusnya tidak jalan ya...

Walau awalnya saya banyak ngobrol sana-sini...
Maklum kalau acara diskusi, pasti sebagai ajang kopi
darat semuanya.
Termasuk saya pakai buat nyerahin hadiah buat pemenang
MKK 2005, secara diam-diam, :D

Yang bisa saya petik diantaranya...
Pertemuan di Korea, lebih ke ajang unjuk kekuatan
komik di Asia.
Bernuansa politik perebutan pengaruh di perkomikkan
antara Korea, Jepang dan China (Hongkong).
Masing-masing ingin menjadi pusat komik di Asia...
Yang lainnya dicuekin termasuk Indonesia (Wahyu MKI),
juga Australia dan lainnya kecuali yang 3 tadi...
Tapi pengalaman Wahyu lucu juga, dari cuek menerima
tawaran pergi ke Korea,
sampai akhirnya terpaksa datang dan kejadian lucu
lainnya.

Kalau perjalan Beng di Cambodia-nya,
Lebih ke arah menojolkan budaya yang terkandung di
komik kali ya, pertukaran budaya.
Dan dari pihak Cambodia yang mengundang Beng
memang ingin memunculkan kembali  komik Cambodia.
Yang sekarang ini komik di Cambodia bisa dibilang
dicuekin...
Masyarakat Cambodia lebih ingin menjadi animator
dibanding komikus.
Dan kejadian lucu lainnya di perjalanan Beng pun
seru...
Tentunya yang gak ditulis di blog
komikcambodia.blogspot.com

Mungkin bagi saya sendiri...
Setelah mendengar pengalaman Wahyu dan Beng...
Saya mulai berpikir dan menyusun rencana untuk tahun
2006.
Diantaranya menyiapakan karya untuk diikutkan di event
komik di luar negeri
dengan pake English tentunya...
Selain berusaha  selalu ikut event komik di sini.
Dan rencana lainnya yang bisa saya lakukan.

Mungkin yang sangat penting bagi saya.
Aksara bookstore sangat mendukung sekali perkomikan.
Sampai ada rencana bikin diskusi bulanan komik.

Yang menurut Hikmat (Akademi Samali),
Diskusi bulanannya akan selalu menghadirkan dua
pembicara,
yaitu komikus dengan karya major dan indie.
Yang menurut saya ide bagus tuh...

Tinggal kita semuanya (komikus yang mau hadir di
diskusi bulanan) mempersiapakannya...
Kalau gak Sambil launching komik barunya,
atau memperlihatkan porto komik yang sedang proses...
Saya sendiri bakal menyiapkan dalam bentuk CD (siapa
Tahu pakai infokus).
Dan juga berupa print out dan fotokopi.

Dan kalau bisa ada acara barter komik, biar lebih seru
huehehe...
tetep mengusulkan (khususnya komik indie)

Terus Toko Komik Indonesia juga, selain emang fokus
dengan komikus senior,
kata Rieza TKI siap juga menghadirkan komikus mudanya
(indie).

Semakain banyak yang support komik, semakin seru niy
perkomikkan di tahun 2006.

Ok, mungkin saya bawa lagi diskusinya ke sini...
Saya mau nanya sama Beng,
Itu untuk program acara yang dibuat sepenuhnya dibuat
komikus atau dibuat oleh pemerintah Cambodia (yang
membiayai...GNO ya kalau gak salah, :D)

Terus buat Wahwoy, Sebaiknya untuk Bicof tahun depan
kita (produsen komik),
harus menyiapkan apa saja ya?

Ok, segitu saja.

trims

ahmadzeni

Thursday, December 15, 2005

Comicography 2005

Komik yang selesai dikerjakan di tahun 2005
Cuma Kakek Bejo 02 "Jangguter" 36 Halaman,
Juga Kakek Bejo Weekly di blog-nya..yang sekarang tersendat, hiks...hiks...hiks

Satu buku komik SUBE yang rencananya dibeli Kumaresh Publication-Singapura. Dengan target 2 komik sampai Akhir Desember 2005, baru satu...
Satu lagi lagi proses, sekarang lagi ambruk badannya...semoga cepat sehat. Biar 2 buku selesai, sebelum jadi bulanan dari bulan Januari 2006. Semoga...

Dua buku cergam sudah dibeli secara lisensi sama Kumaresh Publication-Singapura, yang rencannya terbit Januari, atau paling lambat Maret.

Komik "Jangguter" buat pameran komik online MKK 2005.


Komik yang masih proses dari tahun 2005 sampai 2006
Semoga di tahun 2006 selesai...

1. Komik "Preman Kapok", baru di halamn 100 dari sekitar 200 halaman. Cerita dari Musfar Yasin (berbentuk skenario, jadi belum jelas nyampe halaman berapanya...Tapi sudah ditengah-tengah naskah)

2. Pendekar X, baru dihalaman 50-an...dari 160 halaman.
Rencananya kalau selesai ditahun 2006, Seri ke 2 bakal ditulis sama RINURBAD.

3. Kakek Bejo 03a, storyboard sudah jadi tinggal pencil dan inker...semoga bisa dikerjakan di tahun 2006...160 hal.

4. Kakek Bejo 03b, ditulis Rinurbad, Pensil Anom, dan saya inker...Dikerjakan dengan santay, bisa dimulai di tahun 2006 juga, atau 2007...100 halaman lebih untuk isinya, karena naskahanya dalam bentuk naskah drama, dan terbagi ke dalam beberapa judul.

5. SUBE, kalau terealisasi ini bakal jadi komik bulanan yang diterbitkan Kumaresh Publiction, Singapura, doain saja.
Dan kalau jadi, tahun 2006 bakal jadi SUBE Year bagi saya ...


Event Yang Diikuti di tahun 2005
1. Komikasia 2005 di Bandung, otomatis di pameran di UBM juga (Komikasia 2005 abak 02)
2. Pameran BICOF Korea untuk kedua kalinya, mengirimkan komik ke pamerannya. Dan Masuk dalam katalog pamerannya.
3. Jadi Juri Lomba Komik Road Show Wizard di Mall Karawaci.
4. launching Komik Indi di Book Fair Juni (Kalau gak salah)
5. MKK 2005, jadi panitia.

Aktifitas Online : Moderator Comic Studio dan Art Gallery di Freakschool.com, dan Moderator milis Jatiwangi.

OK, kayaknya cuma segitu yang terjadi di tahun 2005...selain beberapa tawaran proyek ngomik dan tawaran jadi kandidat komikus pameran ke Cambodia, cuma gak bisa, karena keterbatasan sikon saya,

Tuesday, December 06, 2005

Target : 2 Komik SUBE di Akhir Tahun 2006

Halaman terkahir komik Sube, buku 01, 50 % lagi...
Sekarang lagi corat-coret cover-nya.

Target 2 buku selesai sebelum Tahun Baru.

Dan semoga tahun 2006, menjadi tahunnya SUBE.
Menjadi komik bulanan di Kumaresh Publication.

amin
Free Guestbook from Bravenet.com Free Guestbook from Bravenet.com

Powered by Blogger