Image hosted by Photobucket.com Text and Pict studio: Diskusi Komik, 22 Desember Di Aksara, OK Bangeth!

Friday, December 23, 2005

Diskusi Komik, 22 Desember Di Aksara, OK Bangeth!

Menurut saya diskusi tadi malam, sudah ok bangeth!
Selain ketemu dengan beberapa komikus yang berskill ok
lainnya.

Walau infokusnya tidak jalan ya...

Walau awalnya saya banyak ngobrol sana-sini...
Maklum kalau acara diskusi, pasti sebagai ajang kopi
darat semuanya.
Termasuk saya pakai buat nyerahin hadiah buat pemenang
MKK 2005, secara diam-diam, :D

Yang bisa saya petik diantaranya...
Pertemuan di Korea, lebih ke ajang unjuk kekuatan
komik di Asia.
Bernuansa politik perebutan pengaruh di perkomikkan
antara Korea, Jepang dan China (Hongkong).
Masing-masing ingin menjadi pusat komik di Asia...
Yang lainnya dicuekin termasuk Indonesia (Wahyu MKI),
juga Australia dan lainnya kecuali yang 3 tadi...
Tapi pengalaman Wahyu lucu juga, dari cuek menerima
tawaran pergi ke Korea,
sampai akhirnya terpaksa datang dan kejadian lucu
lainnya.

Kalau perjalan Beng di Cambodia-nya,
Lebih ke arah menojolkan budaya yang terkandung di
komik kali ya, pertukaran budaya.
Dan dari pihak Cambodia yang mengundang Beng
memang ingin memunculkan kembali  komik Cambodia.
Yang sekarang ini komik di Cambodia bisa dibilang
dicuekin...
Masyarakat Cambodia lebih ingin menjadi animator
dibanding komikus.
Dan kejadian lucu lainnya di perjalanan Beng pun
seru...
Tentunya yang gak ditulis di blog
komikcambodia.blogspot.com

Mungkin bagi saya sendiri...
Setelah mendengar pengalaman Wahyu dan Beng...
Saya mulai berpikir dan menyusun rencana untuk tahun
2006.
Diantaranya menyiapakan karya untuk diikutkan di event
komik di luar negeri
dengan pake English tentunya...
Selain berusaha  selalu ikut event komik di sini.
Dan rencana lainnya yang bisa saya lakukan.

Mungkin yang sangat penting bagi saya.
Aksara bookstore sangat mendukung sekali perkomikan.
Sampai ada rencana bikin diskusi bulanan komik.

Yang menurut Hikmat (Akademi Samali),
Diskusi bulanannya akan selalu menghadirkan dua
pembicara,
yaitu komikus dengan karya major dan indie.
Yang menurut saya ide bagus tuh...

Tinggal kita semuanya (komikus yang mau hadir di
diskusi bulanan) mempersiapakannya...
Kalau gak Sambil launching komik barunya,
atau memperlihatkan porto komik yang sedang proses...
Saya sendiri bakal menyiapkan dalam bentuk CD (siapa
Tahu pakai infokus).
Dan juga berupa print out dan fotokopi.

Dan kalau bisa ada acara barter komik, biar lebih seru
huehehe...
tetep mengusulkan (khususnya komik indie)

Terus Toko Komik Indonesia juga, selain emang fokus
dengan komikus senior,
kata Rieza TKI siap juga menghadirkan komikus mudanya
(indie).

Semakain banyak yang support komik, semakin seru niy
perkomikkan di tahun 2006.

Ok, mungkin saya bawa lagi diskusinya ke sini...
Saya mau nanya sama Beng,
Itu untuk program acara yang dibuat sepenuhnya dibuat
komikus atau dibuat oleh pemerintah Cambodia (yang
membiayai...GNO ya kalau gak salah, :D)

Terus buat Wahwoy, Sebaiknya untuk Bicof tahun depan
kita (produsen komik),
harus menyiapkan apa saja ya?

Ok, segitu saja.

trims

ahmadzeni

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Free Guestbook from Bravenet.com Free Guestbook from Bravenet.com

Powered by Blogger